Rangkaian Sensor

Rangkaian Sensor adalah jenis rangkaian tranduser yang di gunakan untuk mengubah besaran mekanis, magnetis, panas, sinar dan kimia yang di rubah menjadi tegangan dan arus listrik. Sensor lebih sering di gunakan untuk pendeteksian pada saat melakukan pengukuran atau pengendalian.

Rangkaian Sensor terbagi beberapa jenis yang banyak di gunakan dalam rangkaian elektronik antara lain Sensor Cahaya, Sensor Suhu dan Sensor Tekanan. Pada saat ini, rangkaian sensor tersebut telah dibuat dengan ukuran sangat kecil dengan orde nanometer. Ukuran yang sangat kecil ini sangat memudahkan pemakaian dan menghemat energi.
  • Sensor Cahaya
Sensor Cahaya atau biasa di sebut dengan Fotovoltaic adalah alat sensor sinar yang mengubah energi sinar langsung menjadi energi listrik. Rangkaian Sensor cahaya yang modern pada dasarnya adalah sambungan PN dengan lapisan P yang transparan. Jika terdapat cahaya dalam lapisan P maka akan menyebabkan gerakan elektron antara bagian P dan N, jadi dapat menghasilkan tegangan DC yang kecil sekitar 0,5 volt per sel pada sinar matahari penuh.
  • Sensor Suhu
Sensor Suhu terbagi menjadi 4 jenis utama yang biasa di gunakan :

1) Thermocouple
Thermocouple terdiri dari sepasang penghantar yang berbeda di sambung dan si lebur bersama satu sisi membentuk sambungan pengukuran yang ada ujung-ujung bebasnya untuk hubungan dengan sambungan refensi.

2) Detektor Suhu Tekanan
Konsep yang di gunakan pada pengukuran suhu dengan detektor tahanan adalah tahanan listrik dari logam yang bervariasi sebanding dengan suhu. Variasi ini di maksudkan untuk presisi dan dapat di ulang lagi sehingga memungkinkan pengukuran suhu. Bahan yang di gunakan dalam rangkaian sensor ini adalah kelinearan, stabilitas dan reproduksi.

3) Thermistor
Thermistor adalah resistor yang peka terhadap panas yang biasanya mempunyai koefisien suhu negatif, karena suhu meningkat tahanan menurun dan sebaliknya.

4) Sensor Suhu Rangkaian Terpadu
Sensor Suhu yang menggunakan IC chip silikon untuk elemen yang merasakan (sensor). Rangkaian Sensor ini memiliki konfigurasi output tegangan dan arus. Meskipun terbatas, tetapi dapat menghasilkan output yang sangat linier di atas rentang kerja.
  • Sensor Tekanan
Prinsip kerja sensor tekanan adalah mengubah tegangan mekanis menjadi sinyal listrik. Kurang tegangan di dasarkan pada prinsip kerja bahwa pengantar berubah panjang dan luas penampang.

0 komentar:

Poskan Komentar

 

Belajar Tentang Elektronika Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger