Rangkaian Relay Driver


Rangkaian Relay Driver adalah rangkaian elektronika yang bisa mengendalikan pengoperasian sesuatu dari jarak jauh. Untuk mempermudah dan memperlancar pekerjaan kadang kita memang membutuhkan relay. Dengan relay ini kita bisa mengontrol dan mengopersikan perangkat dari jarak jauh sehingga tak perlu bergeser atau pindah tempat duduk.
Rangkaian Relay Driver ini bisa diaplikasikan/diterapkan untuk berbagai peralatan. Bisa untuk televisi, transmitter, sound sistem dan lain-lain. Nah biar sedikit punya gambaran, akan saya tampilkan gambar skemanya. Skema ini saya dapatkan dari www.electroschematics.com sewaktu saya googling di Mbah Google. Silakan lihat dan pelajari dengan seksama gambar skemanya.
 


Gambar Skema Rangkaian Relay Driver
Skema di atas adalah Rangkaian Relay Driver menggunakan transistor NPN SM 548. Adapun cara bekerja rangkaian ini adalah sebagai berikut. Relay dihubungkan antara rel positif dan kolektor dari transistor. Bila sinyal input melewati resistor 1K ke dasar transistor, sirkuit bekerja dan menarik relay. Dengan menambahkan kapasitor elektrolitik 470 uF di dasar transistor driver relay, jeda singkat dapat diinduksi sehingga transistor akan aktif hanya jika sinyal input bertahan.
Sekali lagi, bahkan jika sinyal input berhenti, transistor tetap melakukan sampai pembuangan kapasitor sepenuhnya. Hal ini untuk menghindari relay mengklik dan menawarkan beralih dari relay. Kapasitor lain 470uF ditambahkan paralel dengan kumparan relay yang mempertahankan mantap arus melalui kumparan relay sehingga mengklik relay dapat dihindari jika power supply bervariasi sesaat. Dioda DI 4007 menghilangkan kembali ggl ketika relay switch off dan melindungi transistor. LED menunjukkan status di relay.
Demikianlah pembahasan mengenai Rangkaian Relay Driver, semoga tulisan ini bermanfaat bagi Anda.  Selamat mencoba dan semoga berhasil.

0 komentar:

Poskan Komentar

 

Belajar Tentang Elektronika Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger