Fungsi Elco

Fungsi Elco dalam rangkaian elektronika adalah di gunakan untuk mengetahui nilai kapasitas sebuah elco dalam satuan uF (mikro Farad). Fungsi Elco sering di sebut sebagai kapasitor polar. Di dalam kapasitor polar memiliki dua kutub yang berbeda pada tiap kakinya, sehingga dalam pemasangan komponen ini tidak boleh terbalik ataupun salah dalam pemasangan.

Elco adalah komponen yang memiliki 2 kaki, yaitu kaki (-) dan kaki (+). Fungsi Elco juga dapat di bilang sebagai penyimpan arus listrik DC. Rangkaian Elco sering di pakai dalam rangkaian apapun, seperti power supply regulator, power dan fungsi lainnya. Kapasitor elco di bagi menjadi 2 jenis, yaitu kapasitor polar dan kapasitor bipolar / non polar. Pembagian ini berdasarkan pada polaritas (kutub positif dan negatif) dari masing masing kapasitor.


Komponen elco juga bisa mengalami kerusakan, apabila kerusakan tidak di ketahui atau pun meletus maka untuk pengetasannya bisa kita tes pakai Avometer. Cara penggunaan avometer adalah dengan mencolokan kabel AVO ke dalam kaki Elco, kalau normal jarum pada AVO menunjuk ke atas lalu perlahan lahan akan turun sampai 0. Jika komponen elco rusak, maka jarum pada AVO tidak bisa turun dan naik ke atas.

Kondensator elektrolit juga sering di sebut sebagai fungsi elco, karena kondensator ini memiliki dua buah kaki itu di tandai dengan kaki yang panjang positif sedangkan kaki yang pendek negatif. Nilai kapasitas dari kondensator in0,47 uF (mikro Farad) sampai ribuan mikro Farad dengan voltase kerja dari beberapa volt hingga ribuan volt.

Selain kondensator elektrolit yang mempunyai polaritas pada kakinya, ada juga kondensator yang berpolaritas yaitu kondensator solid tantalum. Kerusakan umum yang sering di temukan dalam fungsi elco terutama pada kondensator elektrolit adalah kering (kapasitasnya berubah), konsleting dan meledak yang di karenakan salah dalam pemberian tegangan positif dan negatifnya, jika batas maksimum voltase di lampaui juga bisa meledak.

Tiap elco memiliki tegangan kerja yang berbeda-beda, biasanya batas maksimal  tegangan yang diperbolehkan untuk sebuah elco tertulis pada bodynya. Tegangan kerja pada elco dapat dinyatakan dalam bentuk volt.

0 komentar:

Poskan Komentar

 

Belajar Tentang Elektronika Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger