Jenis-Jenis RAM

Jenis-Jenis RAM pada komponen komputer bermacam-macam, mulai dari EDO RAM, SDRAM, DDR RAM dan RDRAM. RAM merupakan salah satu jenis memori internal yang mendukung kecepatan prosesor dalam mengolah data dan instruksi. Dengan penambahan jenis-jenis RAM pada komputer kita, maka dapat menghasilkan kinerja dan kecepatan komputer. Meskipun sebenarnya RAM bukan menentukan kecepatan komputer itu sendiri.

RAM adalah singkatan dari Random Access Memory yang merupakan sebuah perangkat keras komputer yang berfungsi menyimpan berbagai data dan instruksi program. Jenis-Jenis RAM dapat di akses secara random atau tidak mengacu pada pengaturan letak data. Data di dalam jenis-jenis RAM bersifat sementara, dengan kata lain data yang tersimpan akan hilang jika komputer dimatikan atau catu daya yang terhubung kepadanya dicabut.

Jenis-Jenis RAM

Berikut kami jelaskan Jenis-Jenis RAM :

EDO RAM
EDO RAM dapat memberikan performa system 50% lebih cepat dibandingkan dengan DRAM. EDO RAM memiliki kecepatan maksimal 50MHz EDO RAM juga harus membutuhkan L2 Cache untuk membuat semuanya berjalan dengan cepat, namun jika user tidak memilikinya, maka EDO jenis-jenis RAM akan berjalan jauh lebih lambat.

SDRAM (Synchronous DRAM)
SDRAM bukanlah sebuah ekstensi dari seri EDO RAM yang lama, namun merupakan tipe baru dari DRAM. SDRAM mulai berjalan dengan kecepatan transfer 66MHz dan saat ini dapat berjalan dengan kecepatan 133MHz (PC133), dan bakan hingga 180MHz atau lebih tinggi. Untuk mempercepat kinerja processor, maka RAM generasi baru seperti DDR dan RDRAM biasanya dapat mendukung performa yang lebih baik.

DDR (Double Data Rate SDRAM)
DDR pada dasarnya memiliki kecepatan transfer dua kali lipat daripada SDRAM. DDR akan beroperasi di 333MHz, dengan pengoperasian sebenarnya 166MHz. DDR RAM juga kompatibel dengan SDRAM secara fisik, namun menggunakan bus parallel yang sama, sehingga membuat implemnetasi lebih mudah dibandingkan RDRAM, yang merupakan teknologi berbeda.

RDRAM (Rambus RAM)
RDRAM merupakan pilihan yang tepat untuk memori Intel Pentium 4. RDRAM merupakan teknologi memory serial yang datang dengan tiga pilihan, yakni PC600, PC700, dan PC800. PC800 RDRAM didesain dengan double maximum kecepatan transfer daripada PC100 SDRAM, namun memiliki latensi tinggi. RDRAM memiliki multi channel, seperti pada motherboard Pentium 4, yang dapat menawarkan fungsi memori paling bagus, terutama ketika dipasangkan dengan memory PC1066 RDRAM.

Cara memperbaiki RAM yang rusak dapat di lakukan dengan membersihkan semua pin pada jenis-jenis Ram dengan Cotonbud yang diberikan Alkohol 70%. Tujuannya agar kotoran-kotoran yang ada/ menempel pada kaki-kaki RAM bersih.

Selanjutnya tempelkan konektor (+) Avometer/ Multitester pada kaki-kaki/pin memori Anda yang rusak dan gesekan kutub/konektor (-) Avometer/ Multitester anda satu arah dan perlahan ke kaki-kaki/pin memori pada sisi yang lain.

Cara Menambah RAM pada komputer dapat kita lakukan dengan menggunakan eBoostr. eBoostr sendiri dapat bekerja pada 4 perangkat sekaligus dan up to 4GB perperangkat. Cara menjalankan software eBoostr adalah :
 
-Install eBoostr seperti biasa, jalankan crack-annya lalu restart komputer anda
 -Setelah restart, eBoostr akan langsung diaktifkan. Pada jendela yg muncul pilih yes
-Pilih perngkat yg akan dijadikan cache, dalam hal ini tentu saja flash disk atau MC anda (dalam keadaan terpasang pada komputer). Kemudian tentukan juga kapasitas cache yg diinginkan
-Tunggu sebentar hingga muncul jendela “Do you want to build the cache file on the device now?” pilih yes, lalu tunggu sampai proses selesai

Harga RAM bervariasi, mulai dari Rp. 150.000,00 sampai dengan harga Rp. 1.000.000,00. Harga RAM DDR2 di jual dengan harga Rp. 210.000,00 kapasitas 1 GB. Sedangkan harga RAM DDR3 di jual dengan harga Rp. 500.000,00 kapasitas 2 GB.

0 komentar:

Poskan Komentar

 

Belajar Tentang Elektronika Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger