Rangkaian Mesin Cuci

Rangkaian Mesin Cuci sudah menjadi kebutuhan sehari hari di rumah tangga. Cara kerja mesin cuci juga sangat sederhana dan sangat mudah untuk kita pahami. Saat ini sudah banyak merek mesin cuci yang beredar di pasaran, baik yang murah maupun yang mahal. Salah satunya adalah mesin cuci merek LG, Sharp atau mesin cuci electrolux yang memiliki keunggulan masing-masing.

Tapi, pada dasarnya semua rangkaian mesin cuci memiliki kegunaan dan fungsi yang sama yaitu sebagai mesin cuci dan pengering. Bagian yang paling sering mengalami kerusakan biasannya bagian pengering pada bagian timer. Timer yaitu komponen yang berfungsi untuk mengatur waktu pencucian dan pengeringan. Hal yang paling sering membuat komponen ini rusak ialah salah pada saat penggunaan atau karena faktor usia dari komponen tersebut.

Rangkaian mesin cuci di gerakan oleh motor listrik satu fasa. Motor listrik ini dapat bergerak dua arah untuk mengucek pakain pada saat di cuci. Rangkaian motor di hubungkan ke bak cuci atau agitator dengan belt dan roda pemutar (pully).

Mesin cuci yang pengisiannya dari depan, biasannya menggunakan proses pencucian pakaian sudah otomatis mulai dari tahap pencucian sampai dengan pengeringan. Dan rangkaian mesin cuci yang pengisiannya dari atas, ada yang otomatis dan ada juga yang tidak. Tapi prinsip rangkaian mesin cuci baik yang manual ataupun otomatis hampir sama.

Sistem timer mesin cuci yang biasannya sering kita jumpai di pasaran menggunakan dua sistem, yaitu manual dan elektronik. Untuk mesin cuci yang menggunakan sistem elektronik khususnya bagi yang awam harus berhati hati jika ingin memperbaiki sendiri. Minimal harus memiliki dasar kelistrikan dan elektronik. Sedangkan yang manual cukup mudah. Anda tidak perlu membawa ke tukang servise mesin cuci.
Komponen Komponen mesin cuci yang paling sering di gunakan adalah :
  • Leveling Feet
Komponen ini berfungsi untuk mengatur kedataran mesin cuci agar saat mesin cuci bekerja tidak terjadi getaran atau vibrasi.
  • Motor
Motor berfungsi sebagai memutar agitator yang akan mencuci pakaian.
  • Water Inlet Valve
Komponen yang ini berfungsi untuk mengatur air yang masuk ke mesin cuci berdasarkan perintah alat kontrol.
  • Agitator
Agitator merupakan alat yang dapat bergerak memutar bolak balik, berfungsi untuk menciptakan pusaran air untuk mengucek pakaian.

0 komentar:

Poskan Komentar

 

Belajar Tentang Elektronika Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger