Rangkaian Star Delta

Rangkaian Star Delta adalah rangkaian yang sering di gunakan untuk menjalankan motor 3 phase yang mempunyai daya cukub besar. Itu di sebabkan untuk menggerakan motor di butuhkan daya awal yang besar dan juga menggunakan rangkaian star, apabila semua sudah stabil maka rangkaian di ubah menjadi Delta.

Rangkaian ini lebih banyak menggunakan 3 konektor dan timer. Timer sendiri berfungsi untuk mensetting waktu perubahan antara rangkaian star ke rangkaian delta, waktunya biasa sekitar 5 – 10 detik. Sedangkan TOL (Termal Over load Relay) berfungsi apabila rangkaian kelebihan beban maka TOL akan memotong rangkaian sehingga motor dapat berhenti.


Rangkaian Star Delta berfungsi untuk mengurangi arus start yaitu pada saat pertama kali motor di hidupkan. Star Delta adalah sebuah sistem starting motor yang paling banyak di gunakan untuk motor listrik.

Dengan menggunakan rangkaian star delta, maka starter lonjakan arus listrik yang terlalu tinggi bisa di hindarkan. Cara kerja rangkaian star delta adalah saat star awal tidak akan di kenakan tegangan penuh dengan cara di hubung ke star. Setelah motor berputar dan arus sudah mulai turun dengan menggunakan timer, arus akan di pindahkan secara otomatis menjadi delta sehingga tegangan dan arus yang mengalir ke motor menjadi penuh.

Berikut ini adalah Rangkaian Star Delta yang menggunakan rangkaian kontrol untuk motor AC induksi 3 frasa :

Dari rangkaian di atas di jelaskan, PB ON adalah komponen yang di gunakan untuk menghidupkan rangkaian, sedangkan PB1 adalah komponen yang di gunakan untuk mematikan rangkaian.

Cara kerja rangkaian ini adalah ketika tombol PB ON di tekan, maka K1, T1 dan K3 akan hidup. Tombol K1-NO di guanakan untuk mengunci, sehingga K1, T1 dan K3 akan tetap hidup meskipun PB-ON di matikan. Sistem kerja ini di sebut dengan konfigurasi Star.

Selanjutnya T1 akan secara otomatis menghitung nilai timer yang mencapai target. Ketika K1 mencapai target, maka tombol T1-NO akan hidup. Dengan demikian, K3 akan mati dan K2 akan hidup dan sistem motor ini di sebut dengan konfigurasi Delta.

Kontak K2-NC dan K3-NC berfungsi sebagai interclock, yang dapat memastikan bahwa konektor star dan konektor delta akan aktif secara bergantian.

0 komentar:

Poskan Komentar

 

Belajar Tentang Elektronika Copyright © 2011-2012 | Powered by Blogger